Ide mesin plastik mini sederhana sendiri

Ide mesin plastik mini sederhana

Mesin cetak injeksi plastik
Mesin cetak injeksi plastik adalah alat produksi yang umumnya untuk produksi masal suatu komponen yang terbuat dari bahan plastic dengan media mould / cetakan yang diproses oleh mesin injecsion moulding.


Ukuran standar yang biasanya di keluarkan pabrik, untuk manual, semi dan automatic minimal kurang lebih 1,5 atau 2 meter x 60 cm semakin besar kapasitas injection yang di produksi semakin besar ukuran mesin.

Mesin plastik mini 
Bagaimana dengan mesin jenis ini jika dibuat kecil disesuaikan dengan kebutuhan, dalam posting artikel kali ini akan mencoba berbagi tip dan info untuk membuat mesin plastic mini sederhana, dengan mesin injeksi plastik mini ini dapat menyesuaikan badget, serta kondisi kebutuhan produksi yang tidak kontinyu, namun tentunya hanya untuk produksi yang sangat kecil, ukuran bentuk dan jumlahnya.
Ide mesin plastik mini sederhana sendiri
gambar 1. mesin injeksi plasik mini

Beberapa kelebihannya antara lain:
  • Mesin injeksi plastik mini atau mesin injeksi plastik mini bangku dioperasikan dengan tangan. Ini adalah alat yang cocokl untuk produksi volume kecil, atau pembuatan contoh.
  • Sistem pemanas material dapat menggunakan bahan bakar gas, atau bias juga dengan elemen dan pengontrol panas.
  • Gagang tuas untuk pengoperasian lebih mudah.
  • Cetakan yang mudah dibuat sendiri dengan dudukan standar, persegi,
  • Ukuran yang kecil tidak memerlukan ruangan besar

cara kerja proses produksi

Seperti halnya mesin plastic manual standr, dalam pengoperasian mesin mini ini juga hamper sama, Ketika suhu panas tercapai, tarik gagang tuas pegangan, dan menyuntikkan beberapa kali tanpa memasang cetakan, gunanya untuk memeriksa kondisi politisasi material cair plastik. Keadaan pencairan yang ideal akan terlihat dengan permukaan halus, kental homogen, tidak ada pembentukan gelembung udara. Suhu pengaturan yang tepat salah satu faktor kunci dalam memperoleh kualitas cetakan yang tinggi.

Jika cairan plastik terlihat normal, pasang cetakan dalam posisi yang benar dan jepit dengan ragum / catok. Tarik gagang tuas manual sampai ada resistensi yang kuat. Pegang gagang tuas selama beberapa detik. Waktu penahanan mungkin bergantung pada sebagian geometri, ukuran, bahan plastik, dan suhu cetakan. Idenya adalah untuk mengemas lebih banyak material ke dalam cetakan selama tahap pembekuan material sebelum profil cetakan benar-benar mengeras.

Untuk produksi terus menerus, butiran bahan plastik harus diisi ke dalam tabung injeksi ketika piston mencapai setengah dari seluruh langkahnya.
Gaya injeksi yang diperlukan mungkin tergantung pada bagian geometri, ukuran, bahan plastik, meleleh dan suhu cetakan. Suhu cetakan yang lebih tinggi dapat menurunkan gaya injeksi, tetapi dapat memperpanjang waktu pendinginan material dalam cetakan.

Ide mesin plastik mini sederhana sendiri


gambar 2. cara kerja mesin injeksi plasik mini

Demikian tip cara membuat mesin injeksi plastic mini semoga bermanfaat.


LihatTutupComment