Tip cara mengelas tabung / drum dengan alat bantu sederhana

Tip cara mengelas tabung / drum dengan alat bantu sederhana

Pada kesempatan artikel kali ini akan mencoba membahas tentang  tip cara menyambung atau mengelas dalam pembuatan tabung atau drum, kadang kita mendapat beberapa atau sedikit pesanan dari konsumen untuk membuat tabung / drum namun kendala yang dihadapi pada hasilnya tidak mulus seperti yang diharapkan alias kurang rapi dan tidak begitu bulat bentuknya tentunya ini akan membuat konsumen kecewa, untuk itu ada beberapa tip yang dapat diterapkan dalam pekerjaan ini.

Untuk tip ini hanya bisa dilakukan untuk pekerjaan dengan tebal plat dibawah 3 mm saja, karena diatas tebal itu perlu perlakuan tambahan, seperti halnya dalam pembuatan tabung idealnya harus di rol terlebih dahulu agar hasil bulatan lebih maksimal, untuk keadaan tertentu bisa dengan menekuk atau mengerol  dengan menempatkan pada batang bulat dan di tekuk sedikit demi sedikit, agar mendekati bulatan ukuran yang diinginkan. Jika sudah selesai pengerolan siapkan alat tambahan yang dapat dibuat  sendiri untuk membantu memegang plat sebagai penjepit ketika proses pengelasan seperti yang diperlihatkan seperti gambar di bawah ini.
Alat bantu pembuatan tabung / drum

Gambar 1. Alat bantu pembuatan tabung / drum

Ini adalah alat bantu penjepitan selain memegang dengan alat bantu ini dapat memberikan tekanan pada plat sehingga plat dan lebih rapat dan mudah dalam pengelasan.
Alat ini dapat dibuat dari bahan besi yang ada disekitar bengkel kita dan dibentuk seperti gambar dengan menggunakan baut sebagai pengaturan pengencangan dan untuk buka tutupnya.

Langkah – langkah proses pengelasan dengan alat bantu ini cukup simple dan sederhana seperti gambar dibawah ini

cukup dengan memasang dan mengaturnya seperti pada gambar dengan posisi tepat memotong ditengah drum kemudian memberikan tekanan pada sisi plat luar terhadap bagian tutupnya sampai rapat selanjutnya di lakukan proses pengelasan, buatlah beberapa titik terlebih dahulu sampai lingkaran terakhir sebelum proses pengelasan seluruhnya.
Proses pengelasan pembuatan tabung
Gambar 2. Proses pengelasan pembuatan tabung

dengan membuat alat bantu sederhana ini sangat membantu dalam pekerjaan yang dapat meringankan dan mempercepat yang terpenting adalah kualitas pekerjaan kita lebih baik dan rapi. alat ini dapat disimpan dan dipakai berulang untuk keperluan yang sama.

Demikian tip sederhana cara mengelas dan menyambung dalam pembuatan tabung ini semoga selalu bermanfaat.
LihatTutupComment