Tentang Membuat Batu Bata/Beton dengan cetakan sederhana

Membuat Batu Bata/Beton dengan cetakan sederhana

Cara membuat batu bata  dengan cetakan sederhana yang umum digunakan masyarakat di Indonesia.
Dalam beberapa artikel sebelumnya pernah di posting tentang cara membuat bata merah dengan berbagai mesin yang biasa digunakan para produsen batu bata merah, paving block dan sebagainya pada kesempatan ini mencoba berbagi informasi Tentang  Membuat Batu Bata/Beton dengan cetakan sederhana, yang mencakup diantaranya :

Membuat Bata dengan cetakan Beton
Cara Menuangkan adonan  ke dalam cetakan

Selama berabad abad batu bata telah digunakan sebagai penutup dinding, namun sekarang ini batu bata  bisa juga digunakan sebagai assesoris dan dekorasi. batu bata umumnya dicetak dan dibuat  dari tanah liat dan di matangkan dengan tungku, di indonesia banyak produsen bata tradisional atau dikenal dengan sebutan lio. Kita bisa membuat batu bata dengan Cara lain yaitu dengan menggunakan beton atau batako. Dibawah ini cara dan langkah sederhana membuat batu bata dari beton.

Tahap  1
Membuat cetakan beton

Membuat Batu Bata/Beton dengan cetakan sederhana
Gambar 1. cetakan

Bahan cetakan yang dibutuhkan:
Papan dari kayu  atau bisa juga menggunakan tripblok
Plastik (untuk dasar alas )
Alat :yang dibutuhkan untuk membuat cetakan :
Gergaji, palu, paku, lem, amplas.

Langkah pengerjaan cetakan:

  • Buatlah bentuk cetakan untuk  bata merah atau untuk batako. Ukuran 20 cm x 10 cm x 5 cm, dengan urutan 1 atau beberapa cetakan yang disusun permanen, ini akan menentukan jumlah hasil yang jadi dalam satu kali pencetakan.
  • Potong  bahan penutup alas bawah cetakan sesuai ukuran dan jumlah cetakan
  • Potong plastic untuk dasar cetakan agar tidak menempel

Membuat Batu Bata/Beton dengan cetakan sederhana
Gambar 2. proses pencetakan

Langkah pencetakan :

  • Letakkan potongan papan dan plastic bagian dasar (pada poin langkah no 2 dan 3) di tempat datar dan. Jika lokasi pekerjaan cukup luas, hasil cetakan dapat  dibiarkan tidak terganggu setidaknya selama 24 jam
  • Letakkan cetakan  yang telah dibuat  diatas papan dan plastic dasar,  agar cetakan tidak bergeser buatkan penahan untuk cetakan dasar cetakan
  • Untuk pencetakan bata beton atau batako oleskan pelican pada sekitar dinding cetakan agar hasil cetakan tidak menempel sebelum adonan di masukkan.
II.                  Cara Menuangkan adonan  ke dalam cetakan
Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menuangkan adonan Beton ke dalam Cetakan Bata


  1. Buat adonan beton dari pasir, semen, + kapur  dan tuangkan ke dalam cetakan yang telah dibuat.  untuk membuat batu bata dari beton dengan  menggunakan sekop atau cangkul. Dengan menambahkan sejumlah kecil air ke dalam adonan  itu,  agar dapat diukur dapat menggunakan  ember,  bukan selang,  aduk adonan sampai memiliki kekentalan beton yang bisa dikerjakan. Tidak Terlalu basah  atau Terlalu kering
  2. Gunakan sekop atau sendok pasir ke dalam cetakan, pukul pukul adonan agar terisi penuh merata dan padat. Agar udara yang terperangkap keluar. Gunakan sendok pasir yang lurus  untuk meratakan dan menghaluskan bagian permukaan atas beton.
  3. Keluarkan cetakan dan biarkan sampai kering minimal 1 hari sampai 3 hari tergantung cuaca.
  4. Agar hasil cetakan bata beton atau batako tidak retak bisa menggunakan tutup plastic selama penyimpanan.
  5. Masalah yang dihadapi Bagaimana jika  bata dikeringkan di bawah sinar matahari, apakah akan retak? Solusi yang perlu di coba, Tuang air panas di atas bata sehingga partikel menjadi padat menyatu.
  6. Bisakah kita membuat beton berwarna? Solusi, bisa dengan menanyakan pada toko kimia atau toko bangunan terdekat. atau perusahaan beton yang khusus membuat beton berwarna.


Membuat Batu Bata/Beton dengan cetakan sederhana

Gambar 3. hasil pencetakan
  
Beton secara alami berwarna abu-abu, namun Anda dapat mengubah warna itu dengan menambahkan pewarna yang tersedia secara komersial.

Catatan :
Beton bersifat korosif dan semua petunjuk produsen tentang penanganan yang aman selama proses pencampuran harus diikuti.
Demikian Tentang  Membuat Batu Bata/Beton dengan cetakan sederhana, semoga bermanfaat.





"

Arsip Teknik 

 adalah artikel yang membahas tentang seni dasar cara membuat alat teknik sederhana dengan teknik tepat guna."



LihatTutupComment