Ringkasan Sejarah Teknik Mesin

Sejarah Teknik Mesin

Kebutuhan adalah sumber dari segala penemuan, sesuai dengan kebutuhan yang timbul pada masanya
Sejarah Teknik Mesin dapat ditelusuri kembali dalam beberapa masa dan peradaban manusia. Perkembangan berbagai peralatan dan mesin telah terjadi  secara bersamaan walaupun dalam bentuk yang berbeda dengan fungsi yang sama. Karena tidak ada proses dokumentasi yang sistematis pada masanya, sehingga catatan perkembangan ini tidak dipelihara. 

Tanggal yang pasti atau periode munculnya Teknik Mesin tidak dapat diketahui, pada saat ini kita hanya dapat membayangkan dan memperkirakan itu dimulai selama revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Selain itu perkembangan di bidang Fisika harus memberikan dorongan bagi pertumbuhan Teknik Mesin pada abad ke-19. 

Perbahan dan perkembangan alat dan mesin 

Kita semua tahu "kebutuhan adalah sumber dari segala penemuan", sesuai dengan kebutuhan yang timbul pada masa manusia batu mereka harus menemukan alat pertama  yang harus dibuat / dilakukan  mungkin tampak seperti dibawah ini:

Ringkasan Sejarah Teknik Mesin

Gambar 1 alat dari batu atau tulang untuk beberapa kebutuhan

Diantara alat lain yang berkembang  pada masa itu adalah tumbak dan panah untuk berburu dan mempertahankan diri  dengan membuat tambahan batang pegangan dari kayu yang di ikat.

Ringkasan Sejarah Teknik Mesin

Gambar 2. Alat dengan tambahan fungsi dari batang kayu

Perkembangan  alat dan mesin  

Roda
Setelah beberapa masa yang diketahui pengembangan alat mesin  mungkin telah ada. 
Penemuan  roda  dianggap sebagai awal dalam pertumbuhan Teknik Mesin untuk transportasi darat.

Ringkasan Sejarah Teknik Mesin

Gambar 3. Roda sebagai awal revolusi mesin

Penemuan lain antara lain adalh  Perahu  ini merupakan perkembanan yang memiliki  dampak besar pada peubahan teknik mesin untuk transportasi laut.

.
Ringkasan Sejarah Teknik Mesin

Gambar 4. Perahu primitif

Salah satu penemuan yang revolusioner kemudian dalam pengembangan Teknik Mesin adalah pengembangan penemuan Pesawat Terbang ! 


Ringkasan Sejarah Teknik Mesin

Gambar 5. Penemuan pesawat terbang

Sampai Pada waktunya berbagai aspek Teknik Mesin juga mulai dapat didokumentasikan secara sistematis, yang mengarah ke sistem pencetakan  buku dan film. bagaimana jika sistem seperti itu tidak dikembangkan dan dipelihara, mungkin kita tidak bisa memiliki buku. Ketersediaan buku membawa kepada konsep pendidikan formal yang mengarah ke pembangunan sekolah dan kemudian universitas. Sistem pendidikan membawa perkembangan besar-besaran di seluruh dunia. Ada begitu banyak Universitas di seluruh dunia yang menawarkan program Studi Teknik yang baik.

Hingga kini Ada berbagai program diploma dan gelar di banyak cabang Teknik hari ini. Teknik Mesin menjadi  salah satunya.  Dengan beberapa cabang lainnya diantaranya : Matematika (terutama kalkulus, persamaan diferensial, dan aljabar linier) Fisika dan kimia, Statika dan dinamika, Kekuatan materi, Ilmu Material, Termodinamika (perpindahan panas, konversi energi, dll.), Mesin pembakaran internal, Mekanika fluida, Desain mesin (termasuk kinematika dan dinamika), Metrologi (pengukuran, Batas, dan Fits), Teknik manufaktur yaitu Teknologi Produksi, Getaran dan control, Hidrolika dan Pneumatics, Desain teknik dan desain produk, Gambar Teknik  termasuk CAD (gambar berbantuan komputer), Mekatronika dan robotika




"Art-ikels adalah artikel yang membahas tentang seni dasar cara membuat alat teknik sederhana,tutorial dan ide-ide sederhana teknik tepat guna."

LihatTutupComment