Belajar menggunakan Mesin bubut, perawatan dan keselamatan bag. 2

 Belajar menggunakan Mesin bubut (bag. 2)

Pahat  pisau ulir
Pahat pisau ulir, diasah untuk memotong jenis dan gaya ulir yang diinginkan. Sisi dan kelenturan depan harus diasah, ditambah bentuk sudut khusus untuk jenis ulir yang diinginkan. Pahat pisau ulir dapat diasah untuk bentuk ulir standar 60 ° atau untuk persegi, Acme, atau ulir  khusus.
 Belajar menggunakan Mesin bubut
Gambar 12

Alat Potong khusus mesin bubut
Selain alat potong atau pisau bubut dan bentuknya, operasi bubut khusus dan pekerjaan produksi berat memerlukan jenis alat pemotong khusus. Beberapa alat yang umum digunakan di bawah ini.
 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 13

Tungsten carbide, tantalum carbide, titanium carbide, keramik, oksida, dan tip alat berujung berlian dan sisipan alat pemotong biasanya digunakan dalam pekerjaan produksi berkecepatan tinggi saat pemotongan berat diperlukan dan di mana bahan yang sangat keras dan sulit ditemukan. Bentuk standar untuk tip bit alat serupa dengan bentuk alat pemotong baja berkecepatan tinggi. Sisipan karbida dan keramik bisa berbentuk persegi, segitiga, bulat, atau bentuk lainnya. Penyisipan dirancang untuk diindeks atau diputar karena setiap ujung tombak menjadi kusam dan kemudian dibuang. Penyisipan alat pemotong tidak dimaksudkan untuk digunakan kembali setelah penajaman.

 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 14

Khusus dibentuk pemotong ulir dipasang di pemegang pemotong ulir. Alat ini dirancang untuk operasi pemotongan ulir berkecepatan tinggi. Desain khusus pemotong ini memungkinkan tepi pemotongan tajam dan kuat yang hanya perlu dipreparasi sesekali dengan mengasah wajah. Pemotong dipasang ke dudukan alat khusus yang dipasang pada pos alat bubut.

 Belajar menggunakan Mesin bubut
Gambar 15

Alat knurling/ kartel yang umum terdiri dari dua pemotong silindris, yang disebut knurls, yang diputar di dudukan alat yang dirancang khusus. Knurls berisi gigi yang digulung di permukaan benda kerja untuk membentuk pola tertekan pada benda kerja. Alat knurling umum menerima pasang knurls yang berbeda, masing-masing memiliki pola atau alur yang berbeda. Pola berlian paling banyak digunakan dan hadir dalam tiga ukuran alur: 14, 21, atau 33. Pitch ini menghasilkan pola knampled kasar, medium, dan halus.

 Belajar menggunakan Mesin bubut
Gambar 16

Pahat pisau bubut untuk lubang, hampir serupa dengan pahat pisau putar kiri dan pisau ulir, namun dengan sudut clearance ujung  yang lebih untuk mencegah tumit alat sedikit menggosok permukaan lubang. biasanya dijepit ke dudukan alat penjepit, tapi bisa jadi unit satu potong.

 Belajar menggunakan Mesin bubut
Gambar 17

Tidak ada prosedur yang ditetapkan untuk mengasah pisau bubut  untuk sudut dan bentuknya, namun ada pedoman umum yang harus diikuti. Jangan mencoba menggunakan gerinda bangku atau pengasah pisau tanpa  terdidik sepenuhnya untuk keselamatan, pengoperasian, dan kemampuannya. Agar bisa mengasah alat secara efektif, roda gerinda harus memiliki permukaan yang benar dan bersih dan menjadi bahan yang tepat agar alat pemotong diasah. Butiran batu karbida harus dapat mengasah logam yang sangat keras.

Pisau baja berkecepatan tinggi adalah satu-satunya alat yang bisa diasah secara efektif di mesin gerinda bangku saat dilengkapi dengan roda pengasah aluminium  oksida yang merupakan standar untuk sebagian besar bengkel perawatan. Sebelum mengasah, membentuk pisau  baja berkecepatan tinggi, periksa keseluruhan pengasah untuk pengaturan yang aman dan atur alat sesuai kebutuhan.


 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 18

Atur jarak penahan  alat 1/8 inci atau kurang dari roda, dan atur penyerap percikan 1/4 inci atau kurang. Setiap pengasah biasanya dilengkapi dengan roda berbutir kasar untuk pengasah kasar dan roda berbutir halus untuk pengasahan halus dan akhir. Permukaan  roda gerinda sesuai kebutuhan untuk menjaga permukaan grinding halus dan datar. Saat mengasah samping dan kembali menyapu sudut, pastikan roda pengasah memiliki sudut tajam untuk membentuk sudut. Celupkan pisau sesering mungkin ke dalam air saat mengasah untuk menjaga alat sedikit cukup dingin untuk menangani dan untuk menghindari perubahan sifat logam dari kepanasan. Sering periksa sudut bit alat dengan busur derajat.
Setelah mengasah ke bentuk jadi, pisau  harus diasah ringan di atas batu minyak untuk menghilangkan burr atau titik tinggi yang tidak beraturan. Selesai di alat pemotong, halus finishing pada pekerjaan.

Dalam gambar menunjukkan langkah-langkah yang terlibat dalam mengasah pisau untuk radius nose  bulat sedikit yang digunakan untuk memutar ke kedua arah. Sebagai catatan keamanan, jangan pernah menggunakan sisi roda gerinda untuk mengaah pisau, karena ini bisa melemahkan ikatan roda dan menyebabkannya retak dan meledak.


Gambar 19


Penjepit pisau (Tool Post)
Pemegang alat bubut dirancang untuk memegang alat dengan aman dan kaku pada sudut yang tetap agar benar cukup kuat memotong benda kerja Pemegang alat dirancang untuk bekerja sama dengan berbagai alat bubut, yang pemegang alatnya terpasang. Pemegang alat untuk bit alat baja kecepatan tinggi datang dalam berbagai jenis untuk kegunaan yang berbeda. Pemegang alat ini dirancang untuk digunakan dengan alat putaran standar yang biasanya disertakan dengan masing-masing mesin bubut,
  
Tool Post standar untuk alat pemotong baja berkecepatan tinggi memiliki slot persegi yang dibuat agar sesuai dengan alat ukuran standar. bisa berukuran 1/4 inci, 5/16 inci, 3/8 inci, dan lebih besar, dengan semua berbagai ukuran diproduksi untuk semua model pemegang alat bubut yang berbeda. Beberapa pemegang alat standar untuk Tool Post  baja adalah pemegang alat lurus, pemegang alat offset kanan dan kiri, dan pemegang alat yang dirancang untuk Tool Post  karbida khusus. Pemegang alat lain yang sesuai dengan Tool Post  bundar standar mencakup pemegang alat potong lurus, kiri, dan kanan, pemegang alat knurling, pemegang alat pelubang, dan pemegang alat pemotong ulir yang dibentuk secara khusus.

 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 20

Tool Post  turret adalah blok berputar yang bisa menampung banyak alat atau alat yang berbeda. Setiap alat pemotong dapat dengan cepat diputar ke posisi pemotongan dan dijepit ke tempatnya dengan menggunakan pegangan klem cepat. digunakan terutama untuk operasi produksi berkecepatan tinggi.
  
Tool Post   tugas berat atau terbuka digunakan untuk memegang alat karbida sisipan atau alat pegangan. Hal ini digunakan terutama untuk pemotongan yang sangat berat yang membutuhkan pemegang alat yang kaku.
 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 21

  
Sistem Tool Post   quick-change (mengganti cepat) terdiri dari sebuah kotak Tool Post cepat dengan setingan alat yang pas, yang dapat diubah dengan cepat karena operasi bubut berbeda menjadi perlu. Sistem ini memiliki tombol tombol cepat di bagian atas kotak alat yang memungkinkan perubahan alat dalam waktu kurang dari 5 detik, yang membuat sistem ini berharga untuk bengkel produksi.

 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 22


Perangkat / alat penjepit benda kerja pada mesin bubut

Beberapa nama perangkat yang berbeda dari komponen pemegang benda kerja pada mesin bubut, seperti : seperti chuck, collet, faceplates, piring drive, mandrels, dan center bubut, digunakan untuk menyimpan/memasang  dan mendorong benda kerja  pada mesin bubut.

Ukuran jenis dan operasi pekerjaan pada mesin bubut pada pekerjaan tertentu, yang perlu dilakukan adalah menentukan pilihan perangkat memegang yang terbaik untuk setiap pekerjaan tertentu.  pertimbangan lain adalah berapa banyak  tingkat presisi yang diperlukan untuk pekerjaan, karena untuk beberapa pekerjaan perangkat memegang lebih akurat daripada yang lain.
Operasional lebih rinci untuk beberapa pekerjaan memegang perangkat yang lebih umum.

Chuck universal
Chuck  universal  biasanya memiliki tiga rahang yang bergerak serempak dengan pinion yang menyesuaikan ketika diputar. Keuntungan dari chuck  universal kemudahan operasi kerja yang berpusat bolak balik. chuck ini tidak seakurat chuck independen, tetapi ketika di balik Keluar Kondisinya sedikit berubah sekitar 0,002-0,003 inci

Cara kerja chuck universal Rahang gigi bergerak  secara bersamaan dalam chuck oleh gigi yang memutarkan piring-spiral. Setiap Rahang gigi  berulir bergerak dengan jarak yang sama ke dalam atau ke luar. Umumnya rahang tidak bisa di pasang bolak balik, produsen biasanya membuat dua set rahang, satu untuk kerja internal dan satu untuk kerja eksternal.
Chuck  universal hanya dapat digunakan untuk menjepit secara baik pada bentuk benda kerja yang bulat,segiti atau hexagonal, karena hanya memilki tiga rahang, chuck tidak dapat digunakan secara efektif untuk menahan bentuk persegi, segi delapan, atau bentuk yang tidak beraturan

 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 23


Chuck independen

Umumnya  memiliki empat rahang yang masing masing
secara individu pada chuck dengan cara menyesuaikan ulirnya.
Penyesuaian akhir dilakuan dengan memutar benda kerja perlahan dengan tangan dan menggunakan dial Indikator untuk menentukan konsentrisitas. Rahang kemudian menyesuaikan benda kerja dalam toleransi yang diinginkan. Rahang chuck independen dapat digunakan dalam menghadapi arah berlawanan; sehingga dapat menempatkan benda kerja dan mencengkeram baik eksternal atau internal.

 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 24


Chuck independen dapat digunakan untuk bahan persegi, bulat, segi delapan, atau berbentuk tidak teratur, dapat bekerja pada posisi konsentris atau eksentrik Karena fleksibilitas dan kapasitas untuk penyesuaian yang halus,

Chuck kombinasi
Sebuah chuck kombinasi menggabungkan fitur dari chuck independen dan chuck universal dan dapat
memiliki tiga atau empat rahang. Rahang dapat bergerak  Serentak pada scroll untuk centering otomatis atau dapat dipindahkan individual jika diinginkan oleh sekrup terpisah untuk penyesuaian.

Bor chuck, adalah chuck universal yang kecil,
yang dapat digunakan baik dalam spindle headstock atau
tailstock untuk memegang lurus, seperti; reamers, bor, atau
tempat kerja berdiameter kecil. Bor chuck memiliki tiga atau empat
rahang dari bahan baja dikeraskan yang bergerak bersama-sama atau terpisah oleh
rahang bergigi meruncing di mana mereka mampu menjepit alat berpusat ukuran diameter kecil,
ruang kerja bagian dalam 0,002 atau 0,003 inci saat diperketat.

Collet chuck 
Collet chuck adalah cara yang paling akurat memegang benda kerja kecil di mesin bubut. 
Collet chuck terdiri dari pegas dengan bentuk dan bagian yang mengatur dan mengamankan collet pada poros headstock dari mesin bubut.

 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 25


collet adalah bushing logam tipis dengan lubang akurat  berbentun tirus.
Collet  mempunyai tiga celah memanjang  untuk mengizinkan sisi-sisinya sedikit ke dalam untuk pegangan benda kerja.


Beberapa bentuk lubang collet diantaranya ; square collet, hexagonal collet, dan round collet
 Belajar menggunakan Mesin bubut

Gambar 26


Untuk pegangan benda kerja yang akurat, collet harus tidak lebih dari 0,005 inci lebih besar
atau lebih kecil dari diameter bagian yang akan di jepit. Untuk alasan ini, Collet semi tersedia ukuran secara bertahap mulai dari 1/64 inci. 

Sebelumnya
Belajar menggunakan mesin bubut 1 (halaman 1)


LihatTutupComment