7 Kiat Sukses Ujian Nasional

Kiat-sukses-ujian-nasional
Sumber : www.slideserver.com

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sudah sekitar 2 tahun lalu saya sudah melalui ujian yang cukup ditakuti oleh orang banyak. Ujian ini dianggap memiliki  kesulitan tingkat dewa (untuk sebagian orang).

Tapi saya yakin, dengan segala usaha yang diperas, ujian tersebut akan terlewati dengan mulus. Ya, ini adalah ujian nasional (UN).

Berbicara tentang ujian nasional, banyak siswa-siswi yang merasa was-was dan takut akan nilai yang tidak memuaskan. Hal ini dikarenakan tidak mudahnya untuk menjawab soal-soal yang misteri itu.

Walaupun saya tidak memiliki nilai yang tinggi disaat ujian nasional, saya ingin sedikit berbagi mengenai kiat-kiat sukses ujian nasional untuk teman-teman semua.

1. Persiapan yang matang dari jauh-jauh hari

Ujian nasional memuat materi dari semester awal hingga semester akhir. Jadi bagaimana anda bisa membuat persiapan hanya dalam waktu 1 bulan saja?

Persiapan yang panjang adalah kiat terbaik untuk mencapai hasil terbaik. Jadi usahakan anda telah membahas soal-soal paling lambat dari awal masuk semester akhir.

2. Kumpulkan soal sebanyak-banyaknya


soal-soal-ujian-nasional
Kumpulan soal-soal saya menuju UN, ujian STAN dan SBMPTN

Menurut saya, cara belajar terbaik menuju ujian nasional adalah dengan membahas soal-soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya.

Anda dapat membeli buku kumpulan soal ujian nasional beserta penyelesaiannya. Saat ini buku tersebut sudah sangat banyak tersedia di pasaran, termasuk toko online. Selain itu, anda juga dapat mendownload soal-soal tersebut dengan mudah di internet secara gratis.

Soal-soal tersebut bukan hanya untuk dikumpulkan saja dan ditumpuk lalu dibiarkan. Melainkan dibahas secara tuntas.

Anda dapat menyusun jadwal, misalnya setiap hari anda wajib membahas 1 materi soal sampai benar-benar tuntas.

Misalnya materi logaritma, anda harus menjawab soal-soal dengan materi tersebut dari soal ujian nasional minimal 5 tahun terakhir.

Atau dalam bidang biologi, misalnya materi persilangan. Anda harus menjawab semua soal soal tentang persilangan dari semua soal ujian nasional yang anda miliki hingga benar-benar tuntas.

Jadi, anda sudah memiliki target bahwa 1 hari anda harus menguasai 1 materi, bagaimana pun bentuk soalnya.

3. Ikut les dan bimbel

Biasanya, menjelang ujian nasional setiap sekolah akan mengadakan les tambahan khusus untuk persiapan ujian nasional. 

Usahakan jangan sampai anda tidak hadir dalam les tersebut, karena satu hari anda tidak hadir maka beberapa ilmu sudah anda lewatkan.

Selanjutnya anda dapat mengikuti bimbel. Jujur, saya adalah orang yang tidak pernah mengikuti bimbel dari SD hingga SMA. Baik untuk UN, SBMPTN, STAN dan sebagainya.

Sulitnya akses menuju kota dari desa saya menjadi alasan bagi saya untuk tidak mengikuti bimbel tersebut. Selain dari itu, biaya bimbel yang cukup mahal bagi saya menjadi salah satu faktor terbesar yang menjadi kendala.

Saran saya untuk teman-teman yang akan mengikuti ujian nasional. Jangan merasa minder apabila kalian tidak bisa mengikuti bimbel seperti teman-teman yang lain.

Saya adalah contoh siswa yang pada saat itu tidak mencicipi bimbel. Tapi dapat mencapai nilai yang cukup memuaskan, bahkan mendapat peringkat pertama di sekolah saya saat itu.

Saya punya sedikit tips untuk teman-teman semua. Saya sering mengakses situs (silahkan klik di sini).

Situs tersebut berisi kumpulan soal-soal UN, SBMPTN, STAN dan sebagainya dari tahun ke tahun. Situs tersebut juga menyediakan kunci jawaban dan cara penyelesaian soal-soal tersebut.

Jadi saya men-download kumpulan soal-soal ujian nasional 5 tahun terakhir dari situs tersebut dan saya kumpulkan menjadi sebuah buku.

Setiap malam saya mencoba membahas soa-soal tersebut secara autodidak, tanpa ada guru, tanpa ada bimbel. Namun saya tetap rutin mengikuti les di sekolah.

4. Ikuti try out ujian nasional

Try out adalah salah satu tes untuk menguji sejauh mana kemampuan anda. Try out juga melatih anda untuk mengisi data/formulir dan menguji kecepatan mengerjakan soal pada waktu yang telah ditentukan.

Saat ini sudah banyak lembaga-lembaga yang yang mengadakan try out gratis maupun berbayar secara daring (online). Jadi saran saya jangan lewatkan kesempatan tersebut.

Semakin sering anda mengikuti try out maka semakin terbiasa pula anda mengerjakan soal-soal. Juga anda akan semakin tahu seberapa jauh kemampuan anda, sehingga dapat dibekali kembali dengan terus berlatih.

Walaupun try out hanya sekedar tes, anda jangan menganggap itu hanya tes main-main saja. Usahakan nilai ujian anda lebih meningkat pada kesempatan-kesempatan berikutnya dari try out pertama hingga try out terakhir.

5. Kurangi waktu bermain

"Ujian nasional sudah dekat, kurangi waktu bermain anda".

Menjelang ujian nasional anda harus cerdas dalam membagi waktu, harus lebih fokus belajar dan mengurangi waktu bermain, khususnya dengan smartphone.

Anda dapat memilih, berjuang sekeras-kerasnya 3-4 bulan lalu anda akan berhasil, atau anda memilih santai-santai di awal, lalu anda harus belajar mati-matian setelah waktu ujian semakin dekat, atau justru anda lebih memilih santai-santai saja sampai ujian tiba lalu menyesal kemudian hari.

Pilihan berada pada tangan anda!

6. Jaga kesehatan

Apapun teorinya, kesehatan adalah hal yang paling utama. Percuma anda belajar keras selama berbulan-bulan jika akhirnya nanti jatuh sakit saat ujian nasional.

Anda harus lebih fokus terhadap kesehatan juga. Makan teratur dengan makanan yang sehat, istirahat yang cukup  serta olahraga yang teratur.

Banyak orang yang percaya bahwa menuju hari ujian nasional akan lebih rawan terhadap keselamatan.

Buktinya banyak siswa-siswi yang jatuh sakit, kecelakaan bahkan sampai meninggal dunia menjelang waktu ujian nasional.

Jadi, jangan sampai anda ceroboh. Masa depan anda masih panjang.

7. Meminta restu dan doa orang tua

Doa orang tua, terutama doa ibu adalah doa paling mujarab. Jadi sebelum melaksanakan ujian nasional, pastikan anda sudah meminta restu dan doa orang tua agar diberikan kemudahan.

Untuk anda yang akan melaksanakan ujian nasional pun silahkan banyak berdoa dari jauh-jauh hari. Tetap optimis dan tenang saat mengerjakan soal ujian.

Demikian 7 kiat sukses ujian nasional versi saya, semoga bermanfaat.

Semoga kalian mendapat hasil terbaik.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


LihatTutupComment