Pengiris keripik manual sederhana

Pengiris keripik manual sederhana dan antik

"Makanan ringan cemilan yang satu ini disamping enak dan murah juga didalam proses pembuatannya tidak sulit, hanya kita memerlukan alat pengiris saja untuk membuat nya."

Ketika kita sedang bepergian atau berjalan – jalan ke suatu tempat atau daerah, atau ketika kita sedang piknik ke tempat tempat wisata maka akan selalu melihat orang berjualan cinderamata dan makanan khas daerah, untuk makanan cemilan ringan sudah pasti selalu ada dimana mana termasuk diantaranya adalah keripik.

Makanan ringan cemilan yang satu ini disamping enak dan murah juga didalam proses pembuatannya tidak sulit, hanya kita memerlukan alat pengiris saja untuk membuat nya.

Dalam perkembangan dunia teknik yang berhubungan dengan teknik produksi pengolahan makanan yang sudah sangat berkembang dan begitu canggih, peralatan yang bersifat tradisional dan digunakan secara manual masih sangat dicari baik untuk produksi untuk dijual atau untuk konsumsi sendiri.

Alat pengiris keripik 
Sesuai posting kali ini tentang Pengiris keripik manual sederhana dan antik, diharapkan memberikan inspirasi, solusi dan harapan untuk memulai usaha keripik dengan modal yang kecil, usaha kecil /  home industri (skala rumahan ) dengan modal yang kecil, hal ini tidak menutup kemungkinan akan teknik manual dan sederhana masih mempunyai pasar yang cukup besar. sebagai contoh untuk mengiris makanan yang diolah menjadi makanan ringan kering seperti keripik pisang, ubi, singkong, kentang atau kerupuk, sebagai alternatif yang dapat diterapkan pada proses pengirisan keripik ubi, singkong, kentang dan lainnya dengan cara / alat manual, tetapi dengan tampilan yang cukup menarik.

Proses pengirisan keripik
Proses pengirisan keripik sangat penting dan dibutuhkan dalam bagian proses pengolahan makanan ringan kering ini, untuk itu diperlukan alat yang dapat membantu untuk meringankan pekerjaan pengirisan ini baik dengan cara manual atau dengan cara permesinan, bagi sebagian produsen pembuat makan ringan keripik ini alat yang sederhana dengan cara manual masih sangat berguna disamping dapat meringankan pekerjaan, padat karya masih dapat diterapkan, dengan peralatan yang sederhana murah alat dapat dibeli dengan jumlah yang banyak, yang terpenting adalah kualitas dan keseragaman hasil olahan dapat terjamin.

pengiris keripik manual sederhana

pengiris keripik manual sederhana

gambar 1. pengiris keripik manual sederhana

Alat pengiris keripik manual sederhana dan antik
Pembuatan alat pengiris manual sederhana antik tidak hanya fungsi yang sama dengan mesin mesin lainnya, tampilannya pun dapat dibuat lebih menarik sehingga dapat digunakan oleh berbagai kalangan baik yang memang khusus berusaha memproduksi keripik atau bagi ibu ibu dirumah dapat menggunakan peralatan ini sebagai bagian untuk membuat makanan cemilan bagi keluarganya, dalam hal ini produksi pembuatan alat pengiris menjadi lebih luas fungsinya.


gambar 2. bagian bagian Alat pengiris keripik manual sederhana dan antik

Bagian bagian utama
  1. Rangka utama (dapat dilipat)
  2. Pisau pengiris
  3. poros penyangga utama
  4. Tatakan bahan olahan
  5. Tuas / engkol
  6. Klem
Cara penggunaan alat pengiris keripik manual sederhana dan antik
Seperti halnya alat atau mesin pengiris lainnya secara prinsip kerja adalah sama, penggunaan tenaga manusia dengan memutarkan tuas atau engkol pada piringan pisau untuk mengiris, cara penempatan nya pun dapat disimpan pada berbagai tempat atau meja dapur dengan cara mengunci klem pada meja bidang rata. sehingga alat ini dapat digunakan dan dipakai siapa saja, dengan bentuk nya yang kecil dan ramping sangat mudah untuk dibawa bawa kemana saja, misalnya berlibur ke kampung halaman, berlibur kamping / kemah dan lain lain. 

Dibawah ini contoh hasil pengiris yang telah dibuat dan beberapa telah dipakai oleh pembuat keripik denan hasil yang cukup lumayan, 

Video untuk pengiris keripik manual sederhana 



"Arsip Teknik adalah Artikel tentang seni dasar cara membuat alat teknik sederhana, Teknologi tepat guna dan cara kerja mesin sederhana"



LihatTutupComment