Mengenal Cara kerja Pencetak plastic mini (kecil)

Cara kerja Pencetak plastic mini 

Mesin cetak injeksi plastic, umumnya kita sering melihat mesin plastik dengan ukuran besar,  pada kesempatan posting kali ini tentang 'cara kerja mesin Pencetak plastic mini' (kecil), dimana mesin ini bukan sekedar mesin cetak plastic tetapi bentuk dan ukurannya yang memang dirancang kecil agar bisa diletakkan ditempat ruangan kecil, atau diatas meja, keuntungannya selain tidak memakan tempat yang luas, harganya cukup murah dan sangat mudah pengoperasiannya.

Secara umum Dibutuhkan beberapa latihan untuk membuat bagian-bagian yang bagus., Anda harus menekan pegangan dengan gaya ke bawah cukup cepat dan stabil. Tapi tidak terlalu cepat, karena udara yang terjebak dalam rongga cetakan hanya dapat dipaksa keluar dari lubang ventilasi udara kecil begitu cepat. Setiap bagian berbeda. Sebuah bagian yang sangat kecil (<10 gram) dapat sepenuhnya disuntikkan dalam satu atau dua detik dan pegangan hanya akan perlu diturunkan dengan jarak pendek sampai  terasa ada perlawanan yang dari hasil penekanan.. Beberapa bagian akan menyuntikkan lebih mudah, dan lain-lain akan membutuhkan beberapa kekuatan untuk menekan pegangan, dan mungkin memerlukan tambahan pegangan untuk mendapatkan leverage yang lebih baik.

cetakan atau mould plastik dengan ukuran kecil tidak begitu sulit untuk di buat, dan tidak memerlukan mekanisme otomatis bukaan, karena mesin injeksi platik ini dibuat secara manual.

Variable yang mempengaruhi penyuntikan/injeksi : Seperti ukuran dan geometri bagian; jenis plastik yang digunakan; suhu plastik; suhu cetakan; ukuran dan konfigurasi cetakan dan runner; ventilasi yang tepat dari cetakan, dll

Berikut adalah hanya langkah-langkah dasar operasi.

Pertama Anda harus selalu memakai alat pengaman saat menggunakan mesin ini (misalnya memakai kacamata keselamatan dan sarung tangan tahan panas, menjaga alat pemadam kebakaran terdekat dan jauh dari semua bahan yang mudah terbakar, gunakan hanya di area yang berventilasi, dll)



  1. Siapkan cetakan masukkan dan simpan cetakan tepat ditengah lubang gerbang dan runner.
  2. Hidupkan mesin untuk pemanasan elemen dan atur suhunya
  3. Catok dan tekan cetakan dengan ulir yang diputar tuasnya
  4. Setelah panas isikan serbuk bijih plastic kedalam corong pemasukkan, tunggu sampai bijih meleleh
  5. Tekan gagang tuas ke bawah, jika ada rasa perlawanan tekanan itu berarti tanda sudah penuh dan padat.
  6. Longgarkan pegangan catok untuk membuka cetakan. angkat cetakan dan buka untuk mengambil hasil cetakan.dan selesai!
  7. Lakukan terus selama pencetakan seperti langkah diatas.
Untuk pekerjaan mesin injeksi plastic mini ini juga bisa melakukan pergantian cetakan dengan variasi cetakan yang berbeda. Dalam satu pekerjaan.

Selalu Jika sudah selesai,pekerjaan adalah  membersihkan plastik yang tersisa dari tabung injeksi, Matikan saklar mesin breaker. Matikan saklar daya controller, dan cabut dari stop kontak untuk keselamatan


Gambar dibawah ini hanya sekedar ilustrasi




Demikian tentang ' cara kerja mesin cetak injeksi plastic mini/kecil'  ini semoga bermanfaat.



LihatTutupComment