Ide rancang mesin pengiris keripik vertikal

Ide rancang mesin pengiris keripik vertikal

Keripik adalah salah satu makanan ringan yang dibuat dari irisan tipis biasanya dari umbi – umbian, buah – buahan, atau sayuran dengan berbagai macam rasa yang diproses dengan cara digoreng atau dengan proses penjemuran.

Cara membuat keripik dengan mesin 
Untuk membuat makanan keripik biasanya melalui beberapa tahapan proses, diantaranya pengupasan, pengirisan, pengeringan/penjemuran, penggorengan, pengepakan. Pada bagian pengirisan banyak cara yang dilakukan seperti dengan cara manual, atau dengan mesin, mesin Pengiris keripik merupakan peralatan yang sangat diperlukan dalam proses pembuatan keripik baik itu keripi singkong, pisang, dan lain lainya, terlebih alat pengiris ini juga sangat mendukung produksi yang bergerak di bidang makanan ini, 

Dari beberapa posting artikel sebelumnya tentang cara membuat alat potong / pengiris keripik manual sederhana, mesin pengiris keripik horizontal, dan mesin keripik 2 in 1 (two in one ), dan juga mesin keripik keripik dengan gerak eksentrik, pada kesempatan ini penulis mencoba berbagi ide masih tentang pengiris keripik, dimana terdapat sedikit perbedaan dalam mekanisme gerak yang di gunakan yaitu menggunakan mekanisme gerak vertikal.

Mekanisme gerak vertikal merupakan salah satu atau bagian dari beberapa mekanisme yang dapat digunakan dalam perancangan mesin, seperti halnya mekanisme gerak lain, mekanisme gerak vertikal ini juga mentranfer putaran dari motor penggerak yang di teruskan pada puli utama kemudian diteruskan melalui puli poros pisau pemotong utama .
Ide rancang mesin pengiris keripik vertikal

gambar 1. sketsa gambar pergerakan mesin pengiris keripik vertikal

cara kerja mesin ini sama dengan mesin horizontal, pengirisan bahan dimasukan secara vertikal kedalam kotak pengisian

Dengan menggunakan sistem gerak ini tenaga yang dihasilkan sama seperti mesin dengan mekanisme gerak horizontal biasa. tenaga yang lebih besar akan didapat dengan merubah perbandingan puli motor penggerak dengan puli pemotong utama, semakin besar puli pemotong utama akan semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.

Modifikasi lainnya diantaranya dengan menggunakan media tambahan untuk tranfer putaran dengan gearbok, kemungkinan nya putaran akhir dan proses pemotongan akan sedikit lebih lambat, akan tetapi tenaga yang dihasilkan lebih besar lagi.

baca juga alat pengiris keripik manual sederhana dan antik

"Arsip Teknik adalah Artikel tentang seni dasar cara membuat alat teknik sederhana, Teknologi tepat guna dan cara kerja mesin sederhana."

LihatTutupComment