Membuat mesin dowel sendiri simple untuk perkayuan

Membuat sendiri mesin dowel kayu

Dowel
Dowel adalah batang berbentuk bulat atau silinder padat bisa panjang atau pendek, biasanya terbuat dari kayu, plastik, atau logam. Dalam bentuk aslinya diproduksi, dowel ini disebut batang dowel. batang dowel sering dipotong potong dengan ukuran panjang atau pendek yang disebut pin dowel. Dipakai dalam banyak  aplikasi diantaranya as roda pada mainan, pasak, gantungan baju, kunci, pasak dalam pembuatan lemari, kursi dan lain lain.

Mesin Dowel kayu
Untuk membuat dowel, sepotong kayu dibagi atau dipangkas dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari yang diinginkan dan kemudian didorong melalui lubang peluncur input di bagian depan yang bentuk dan ukurannya sama dengan bahan yang akan di kerjakan,masuk ke piringan pisau dowel untuk di kikis dan keluar dengan bentuk profil bulat sesuai ukuran. untuk ke stabilan luncuran di pasang rol yang dapat di atur dan di sesuaikan dengan diameter dowel  Seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah.


Membuat mesin dowel sendiri simple untuk perkayuan
Gambar ilustrasi proses pemotongan dowel sederhana

Untuk  manufaktur sederhana, dowel kayu biasanya diproduksi pada mesin dowel.biasanya Mesin dowel dapat membuat ukuran diameter yang  bervariasi, sehingga memungkinkan mesin untuk cepat berubah untuk memproduksi diameter batang kayu yang berbeda. Biasanya, mekanisme ini terbuka, dengan panduan peluncur input di pintu masuk mesin dan peluncur  keluar untuk memungkinkan bekerja secara terus menerus dengan  panjang tak terbatas.

dalam pembuatan mesin dowel sederhana ini bagian rangka dapat dibuat dari bahan kayu, kecuali bagian pisau blok bearing, puly, dan rol pemandu kestabilan.

Mesin ini menggunakan pisau yang diikat pada piringan yang berputar untuk memotong, satu di bagian atas dan satu di bawah. Yang  memiliki profil pisau potong

Bagian bagian mesin dowel yang simple ini diantaranya:
Membuat mesin dowel sendiri simple untuk perkayuan
Peluncur input
Piringan Pisau (cutting)
Bearing Pillow block
Pully
v-belt
Peluncur output

Peluncur input dipasang untuk memberikan panduan ketika memasukkan bahan yang akan diproses agar tidak bergerak dan dibuat agar cukup stabil ketika ada penekanan pendorongan.

Pisau cutting pada piringan yang berputar dengan kecepatan tertentu memproses pemotongan ketika mesin dijalankan dan pisaunya berputar, semakin cepat berputar maka semakin ringan penekanan pemotongan dan semakin halus hasil yang dipotong.

Peluncur output dipasang untuk memberikan panduan dari hasil proses pemotongan dengan ukuran yang sesuai dengan hasilnya, sama seperti peluncur input, peluncur output membuat bahan tidak bergerak dan stabil. 


LihatTutupComment