Teknologi robot untuk industri dengan daftar top perusahaan

Teknologi robot untuk industri dengan daftar top perusahaan

Kemajuan teknologi yang sangat cepat dewasa ini sangat mempengaruhi dunia industri, bagi industri kecil dan menengah mungkin masih mengandalkan teknologi konvensional dikarenakan berbagai faktor, namun teknologi konvensional masih di pakai dengan segala kemudahan dan keterjangkauan daya beli industri tersebut terlebih bagi para pengusaha home industri, namun lain halnya dengan industri yan besar penerapan teknologi modern dengan penerapan ISO, baik dari kuantitas maupun kualitas menjadi tuntutan daya saing disamping itu dengan penerapan teknologi modern diantaranya teknologi robotik sangat signifikan dalam pekerjaan-pekerjaan presisi yang rumit, hal ini berpengaruh terhadap efisiensi karyawan. Sehingga banyak perusahaan yang membuat mesin mesin dengan teknologi robotik.

Teknologi robot untuk industri dengan daftar top perusahaan

Kebutuhan industri

Dalam rangka untuk merancang dan membuat alat yang paling efektif dan efisien dengan tujuan untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu atau melakukan tugas-tugas tertentu, dan hasil yang memuaskan, diperlukan solusi alternatif sebagai konsekuensi dari masalah yang mungkin dihadapi para indusri.
Untuk melakukan hal ini,  pendekatan rasional dengan " metode ilmiah " telah dikembangkan. 
Penjelasan langkah-langkah interaktif digambarkan dari metode yang ditunjukkan di bawah

Automatisasi
Automatisasi adalah cara penggunaan mesin, sistem kontrol, dan teknologi informasi untuk mengoptimalkan produksi, pengiriman barang dan jasa. Automatisasi hanya dilakukan jika hasilnya lebih cepat, lebih baik secara kuantitas dan kualitas dibandingkan dengan penggunaan tenaga kerja manusia.
Dalam dunia industri, Automatisasi merupakan peningkatan dari mekanisasi, di mana mekanisasi masih membutuhkan operator manusia selama mesin beroperasi atau membutuhkan bantuan tenaga otot manusia agar mampu bekerja. Sehingga dengan Automatisasi mengurangi peran manusia dalam hal tersebut.
Automatisasi telah dicapai dalam perkembangan kehidupan manusia. Operator telepon yang digantikan dengan mesin, berbagai peralatan kedokteran (elektrokardiogram dan sebagainya) yang menggantikan peran tenaga medis.
Automatisasi yang digunakan umumnya adalah komponen listrik, mekanik, hidrolik, dan pneumatik menghasilkan output dua kali lipat dan buruh sudah mulai dikurangi akibat dampak Automatisasi.

Pendekatan rasional dengan " metode ilmiah " lainnya telah dikembangkan lebih maju lagi pada era sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan namanya robot,. 
Penjelasan langkah-langkah interaktif digambarkan dari metode yang ditunjukkan di bawah

·         Kecerdasan buatan
·         Robotika
·         Teknik industri
·         Mekatronika

Aplikasi
·         Automatisasi industri
·         Pengolahan sampah
·         Jalan raya     : E-toll sudah digunakan di negara maju dan Indonesia.
·         Kereta            : E-ticket sudah mulai digunakan di perkereta-apian Jabodetabek.
·         Automatisasi rumah
·         Retail              : Penggunaan layar sentuh hingga sistem kartu kredit memudahkan pembayaran di restoran dan toko lainnya.
·         Pengawasan : Penggunaan kamera berteknologi canggih yang mampu mendeteksi dan mendefinisikan perilaku, temperatur tubuh, hingga sinar x untuk mendeteksi isi bagasi dalam bandar udara. Di beberapa tempat terutama di kawasan demiliterisasi, penggunaan pesawat tanpa awak sudah digunakan untuk pengawasan.
·         Pertambangan : Automatisasi terutama dilakukan di tambang tertutup untuk menjangkau tempat yang sulit atau berbahaya bagi manusia. Umumnya hanya digunakan di negara maju yang harga buruh tambang cukup mahal. Di negara berkembang atau negara miskin, otomasi jarang dilakukan karena harga buruh masih murah.

Robot industri
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).
Istilah robot berasal dari bahasa Cheko yaitu “robota” yang berarti “pekerja atau kuli” yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat,dan berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi.

Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan penyelamatan, dan keamanan, dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian masyarakat membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.

Pada kamus Webster pengertian robot adalah
“An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings”
(sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia)

Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah:
“A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer”.
(Sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer)

Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.
Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:

“A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks”
(Sebuah manipulator multifungsi yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat, atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas)

International Organization for Standardization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:
“An automatically controlled, reprogrammable, multipurpose, manipulator programmable in three or more axes, which may be either fixed in place or mobile for use in industrial automation applications”
(Sebuah manipulator yang terkendali, multifungsi, dan mampu diprogram untuk bergerak dalam tiga aksis atau lebih, yang tetap berada di tempat atau bergerak untuk digunakan dalam aplikasi otomasi industri)

Dari beberapa definisi di atas, kata kunci yang ada yang dapat menerangkan pengertian robot adalah:

·         Dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
·         Dapat diprogram
·         Dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
·         Bekerja secara otomatis
·         Cerdas (intelligent)
·         Digunakan di industri

Konstruksi robot
Robot memiliki berbagai macam konstruksi, diantaranya adalah:
·         Robot mobile ( bergerak )
·         Robot manipulator ( tangan )
·         Robot humanoid
·         Flying robot
·         Robot berkaki
·         Robot jaringan
·         Robot animalia
·         Robot cyborg

Jadi sebuah Alat adalah "perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan fungsi tertentu".Demikian juga, sebuah mesin adalah "suatu alat yang menggunakan atau menerapkan kekuatan mekanik dan memiliki beberapa susunan komponen, masing-masing dengan fungsi yang pasti dan bersama-sama melakukan tugas tertentu".  Namun secara umum, kesulitan yang lebih rumit dari suatu proses produksi semua dapat dipertimbangkan dengan kemampuan alat tersebut..
Pertumbuhan Pasar Global Industrial Robotics didorong oleh banyak faktor, di antaranya kebutuhan untuk mengurangi biaya produksi di industri merupakan salah satu penggerak utama. Industri robotika membantu perusahaan dalam mengurangi biaya karena kegagalan produk dan pemborosan produk.

Inilah Beberapa diantara  top 21 perusahaan di industri Robotika dunia:

ABB Ltd
"ABB menyediakan berbagai komprehensif robot untuk membantu produsen meningkatkan produktivitas, kualitas produk dan keselamatan pekerja. Terlepas dari aplikasi kita memiliki robot untuk memenuhi kebutuhan Anda. ABB adalah pemasok terkemuka robot industri, sistem manufaktur modular dan layanan. Sebuah solusi fokus yang kuat membantu produsen meningkatkan produktivitas, kualitas produk dan keselamatan pekerja. ABB telah menginstal lebih dari 250.000 robot di seluruh dunia. "

http://www.abb.com/



Fanuc Corp
"FANUC America menawarkan rentang yang paling lengkap produk industri terkemuka dan layanan untuk robotika, sistem CNC, dan solusi otomatisasi pabrik. Berdedikasi untuk meningkatkan daya saing produsen Amerika Utara dan Selatan dengan menciptakan peluang untuk membantu mereka memaksimalkan efisiensi, keandalan, kualitas, dan profitabilitas.
Apakah Anda seorang kecil atau produsen besar, kami memiliki solusi yang akan memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Kami mengundang Anda untuk menjelajahi kemungkinan dengan solusi otomatisasi FANUC Amerika. "

http://www.fanuc.co.jp/eindex.htm



Yaskawa Electric Corp
"Dengan menginstal hampir 300.000 robot industri dasar global, Yaskawa Motoman memiliki lebih dari 150 model lengan robot sedang dalam produksi. Menggunakan kriteria di bawah ini untuk membantu Anda menemukan lengan robot yang sesuai aplikasi industri Anda sesuai dengan payload diperlukan Anda, mencapai dan spesifikasi pengulangan.
Setiap model lengan robot dipasangkan dengan robot controller yang memungkinkan Anda untuk program dan tugas-tugas kontrol robot tunggal atau mengkoordinasikan beberapa lengan robot. "

https://www.yaskawa.com/global_home.html



Adept Technology Inc.
"Selama 30 tahun, Adept telah menjadi pemimpin industri dalam pengembangan robot industri yang inovatif dan kuat untuk kecepatan tinggi, manufaktur presisi, kemasan, dan otomatisasi pabrik. Inovasi robot industri mahir lanjutkan dengan lini ekspansif Cobra scara robot, Viper enam-sumbu (diartikulasikan) robot, Quattro robot paralel, dan Python linear modul (robot Cartesian). "

www.adept.com/




Apex Otomasi dan Robotika
"Apex Otomasi dan Robotika adalah sebuah perusahaan Australia yang mengkhususkan diri dalam desain dan pembuatan mesin otomasi custom-built dan sistem robot. Teknisi kami dan manajer proyek memiliki hingga 20 tahun pengalaman di bidang mereka dan telah menginstal lebih dari 50 sistem termasuk 12 sel robot.
Sebagian besar proyek ini adalah sistem turnkey penuh, dikembangkan dari konsep menggabungkan desain mekanik dan listrik dan pengembangan software oleh para insinyur kami. "

www.apexautomation.com.au/



Aurotek Corp
"Selama tiga dekade, Aurotek menjunjung tinggi reputasi dan semangat kerja untuk berbagi pengalaman industri teknologi tinggi, memberikan layanan bernilai tambah tinggi dan solusi, dan membantu pelanggan mencapai nilai yang lebih besar melalui pengenalan maju dan kualitas komponen, perolehan konsep teknologi baru, dan konstan mengejar keunggulan dalam desain industri. "

www.aurotek.com/



Axium Inc.
"Axium menawarkan rangkaian lengkap berkualitas tinggi dan solusi otomatisasi terbukti dan layanan untuk pertanian pangan, farmasi, kosmetik, plastik dan sektor barang kemasan konsumen.
Dari integrasi robot sistem, kontrol proses, perakitan dan penanganan material eksekusi untuk presisi didorong penyegelan, pelabelan, pembungkus, dan kontainer / mesin penanganan nampan untuk industri kemasan, AXIUM menyediakan berbagai solusi yang memberdayakan bisnis Anda dengan mengotomatisasi pabrik dan gudang operasi."

www.axiumsolutions.com/



Daihen Corp
"Daihen memproduksi peralatan las (terutama digital inverter las persediaan), memotong peralatan, obor, robot, peralatan positioning, sel pengelasan standar dan custom busur, dan aksesoris. Daihen menawarkan tingkat tertinggi layanan konsultasi dan layanan pelanggan peralatan, pelatihan, pengembangan aplikasi, dan. "

www.daihen.co.jp/english/global/



Denso Gelombang Inc
"Ketika robot industri pertama kali muncul pada awal tahun 1960, DENSO mulai mengembangkan dan menerapkan teknologi untuk proses produksi sendiri. Sejak itu, melalui berbagai pengalaman pengembangan robot, lebih dari 60.000 robot DENSO digunakan di seluruh dunia. Dan sekarang hari ini, sebagai pemimpin pasar yang didirikan pada perakitan segmen robot kecil, DENSO terus menetapkan standar untuk keandalan, fleksibilitas dan fungsionalitas. "

www.densocorp-na.com/



Ellison Technologies Inc.
"Ellison Technologies memiliki sumber daya untuk mengembangkan sistem otomatisasi yang terbaik disesuaikan untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan keseluruhan untuk semua ukuran perusahaan dan industri yang dilayani. Pendekatan kami termasuk mengambil penilaian penuh dari kondisi unik di setiap fasilitas manufaktur dan mengusulkan solusi optimal.
Kami telah mendidik pelanggan kami selama lebih dari 30 tahun tentang manfaat otomatisasi. Peningkatan produktivitas dan menurunkan biaya adalah beberapa manfaat direalisasikan. "

www.ellisontechnologies.com/



Kawasaki Robotika Inc.
"Dengan lebih dari 110.000 robot dipasang di seluruh dunia, Kawasaki adalah pemasok terkemuka robot industri dan sistem otomatisasi robot dengan portofolio produk yang luas, dapat layanan berbagai aplikasi di berbagai industri.
Kawasaki Robotika (USA), Inc adalah anak perusahaan dari Kawasaki Heavy Industries, Ltd, Robot Divisi Jepang, dan berkantor pusat di Wixom, Michigan, dengan kantor penjualan dan layanan di Amerika Utara dan Selatan.
Kawasaki telah memasukkan lebih dari 40 tahun pengalaman sebagai pemimpin industri robot ke dalam pengembangan kontroler yang paling teknis canggih dan kualitas robot tertinggi. "

https://robotics.kawasaki.com/



Kuka AG
"Merek KUKA singkatan teknologi inovatif dalam otomatisasi robot-didukung dari proses industri manufaktur. Fokus pelanggan kami dan kekuatan inovasi telah membuat kami pemimpin teknologi di pasar kami. Kompetensi inti KUKA Aktiengesellschaft terletak pada robotika dan sistem divisi. Di daerah ini, teknologi kami menetapkan standar di seluruh dunia. Teknologi otomatisasi KUKA adalah solusi untuk sukses.Otomatisasi peka. "

https://www.kuka.com/



Mitsubishi Electric Corp
"Menawarkan berbagai macam otomatisasi dan teknologi pengolahan, termasuk pengendali, produk drive, distribusi tenaga listrik dan produk kontrol, mesin debit listrik, mesin berkas elektron, mesin pengolahan laser, pengendali numerik terkomputerisasi, dan robot industri, Mitsubishi Electric membantu membawa produktivitas yang lebih tinggi - dan kualitas - untuk lantai pabrik.
Selain itu, jaringan layanan yang luas kami di seluruh dunia menyediakan komunikasi langsung dan dukungan yang komprehensif kepada pelanggan. "

www.mitsubishielectric.com/



Nachi Fujikoshi Corp
"Untuk dukungan yakin di bengkel mesin canggih, Anda dapat mengandalkan Nachi-Fujikoshi, pemimpin dunia lama berjalan di bidang robotika industri. Akumulasi melalui kerja pada lini produksi kendaraan, berhasil memenuhi tantangan yang sedang berlangsung terus memajukan produksi industri, keahlian terfokus kami dengan otomatisasi berarti Anda mendapatkan kedua robot paling maju dan keyakinan bahwa mereka akan terus bekerja andal. "

www.nachi-fujikoshi.co.jp/eng/



pari Robotika
"PARI adalah antara perusahaan otomatisasi global yang terbesar dengan lebih dari 970+ karyawan dan 8 fasilitas di seluruh dunia. Kekuatan teknik yang solid memungkinkan PARI menjadi lengkap "Penyedia Solusi", dari konseptualisasi, desain, manufaktur, melaksanakan dan mendukung sistem otomatisasi pabrik canggih. Ini menyediakan pelanggan dengan solusi yang mereka butuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai tujuan manufaktur mereka. "

http://www.parirobotics.com/



Reis Robotika
"Berbagai produk macam Reis ROBOTICS mencakup hampir semua jenis kinematika: lengan Articulated, linear, gantry, lengan diartikulasikan horisontal, dan robot khusus. Selain itu, ada rentang produk cetakan bercak dan pemangkasan menekan serta alat-alat trim. Dalam "photovoltaic" berbagai produk yang masih muda, kami telah menjadi pemimpin pasar untuk beberapa tahun sudah dengan sistem lengkap kami otomatis untuk produksi modul surya. "

www.reisrobotics.de/



Rockwell Automation Inc
"Rockwell Automation berkomitmen untuk menjadi pemasok paling berharga otomasi industri dan informasi produk yang inovatif, layanan dan solusi dengan bekerja sama dengan mitra robot-vendor yang, OEM dan system integrator.
Rockwell Automation menyediakan tingkat yang lebih disukai integrasi difokuskan pada tabungan desain, pengembangan dan waktu pengiriman, sementara meningkatkan Overall Equipment Effectiveness (OEE).
Integrasi disukai dimulai dengan menggunakan teknologi plug-and-play, yang berarti robot terhubung melalui Ethernet / IP dengan perangkat lunak dan layanan yang telah ditetapkan antarmuka yang mempermudah upaya desain, operasi dan pemeliharaan untuk meningkatkan mesin dan keseluruhan garis OEE. "

www.rockwellautomation.com/



Schunk GmbH
"SCHUNK, pemimpin kompetensi untuk menjepit teknologi dan mencengkeram sistem, salah satu pemasok terkemuka di dunia robot industri, adalah trend-setter bukan hanya untuk Grippers, tetapi juga untuk aksesoris robot. Perusahaan milik keluarga yang inovatif ini menawarkan berbagai aksesoris robot standar, yang mencakup seluruh spektrum aplikasi robotika modern, dari penggantian, feed-melalui dan kompensasi, untuk pemantauan, pengukuran dan mesin. "

www.schunk.com/



Staubli International AG
"Dikenal di seluruh dunia untuk kualitas desain dan inovasi selama lebih dari satu abad, Staubli Grup telah membawa keahlian teknik terkenal dan kecerdikan teknologi ke garis depan robotika. Sejak tahun 1982, kami telah membangun bisnis yang sangat dihormati robotika, dan lebih signifikan, mengubah ribuan cara operasi manufaktur melakukan.
Hari ini Staubli Robotika adalah pemain terkemuka dalam robotika di seluruh dunia, secara konsisten memberikan teknik efektif dan dapat diandalkan layanan dan dukungan kami. "

www.staubli.com/



TM Robotika
"TM Robotika Eropa adalah pemimpin dunia dalam Robot Industri. Scara robot dari Toshiba Machine mungkin paling mudah untuk menggunakan dunia Industrial Robot. Pada TM Robotika seluruh filosofi kami adalah tentang membuat hal-hal sederhana dan mudah untuk Anda. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam memasok dan memelihara Robot Industri, kami adalah nama yang dapat Anda percaya. "

tmrobotics.co.uk/



Yamaha Robotika
"Sejak tahun 1976, Yamaha telah memberikan robot perakitan untuk pasar industri yang tak tertandingi untuk payload, kecepatan, dan kehandalan. Robot saat ini line-up adalah puncak dari lebih dari 3 pengalaman puluhan tahun di pabrik dan ribuan orang lain di seluruh dunia Yamaha sendiri.
Dari sumbu robot tunggal untuk pemilihan luas robot scara mana saja, Yamaha dapat menyediakan solusi terbaik untuk hampir semua kebutuhan perakitan otomatis. Umur yang luar biasa Yamaha robot 'memberikan pengembalian investasi tiada bandingnya oleh produsen robot lainnya. "

http://global.yamaha-motor.com/business/robot/

dikutip dari berbagai sumber tahun 2017
demikian artikel ini semoga bisa menjadi refernsi dan bermanfaat bagi anda
LihatTutupComment