Pengeboran membuat konterbor dan kontersink

Pengeboran membuat konterbor dan kontersink

Hubungan, sambungan Plat dengan plat, bushing dengan as, dan hubungan lainnya ada yang di ikat dengan baut atau sekrup, untuk tu diperlukan lubang tempat baut atau sekrup itu agar dapat masuk dan tertanam dengan rapih, pada bagian kepala dari baut atau sekrup itu harus di konterbor atau di kontersink.

Konterbor (counterbor) dan Kontersink (Countersink) adalah pembuatan pembesaran lubang bor dengan sudut dan kedalaman  tertentu yang umumnya dimaksudkan untuk menempatkan, membenamakn atau menyembunyikan kepala baut / sekrup, atau pin dan lainnya

Dilihat dari bentuknya konterbor dan kontersink ada perbedaan, untuk konterbor sendiri mempunyai lubang datar berbentuk silinder yang dirancang untuk menempatkan, menyembunyikan dan mengamankan kepala baut , sedangkan untuk kontersink adalah pembuatan lubang berbentuk kerucut yang dirancang untuk menempatkan, menyembunyikan dan mengamankan kepala sekrup.

Untuk beberapa jenis countersink untuk kepala sekrup sudut di kisaran 800,, sudut kontersing yang dipakai pada mesin bubut menggunakan sudut 600
kesesuaian yang tepat antara lubang kontersink dan baut atau sekrup yang harus disembunyikan sangat penting, hal ini dapat menghentikan putaran dikarenakan pada poros yang bersinggungan terjadi pengganjalan dan akibat nya bisa lebih patal.

Pada pembuatan kontersing yang baik kecepatan dan pemakanan tidak terlalu cepat dan cukup ringan, dengan kesimetrisan yang baik memberikan tekanan penguncian yang merata pada hasil akhir.


Pengeboran membuat konterbor dan kontersink


Gambar 1. konterbor dan kontersink

Pada berbagai kasus pekerjaan memungkinkan pembuatan kontersing pada posisi tertentu dan harus dibuat menyesuaikannya, seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini.


Pengeboran membuat konterbor dan kontersink

Gambar 2. kontersink

pembuatan untuk konterbor yang lebih baik dan akurat mempunyai pilot pembimbing untuk menghindari ketidak lurusan yang menyebabkan lubang tidak simetris karena ketidak lurusan, ketika konterbor dipasang kedalam chuck bor perlu disetel ukuran mekanisme stopper kedalaman, untuk kecepatan dipakai ukuran yang sebenarnya bukan pada ukuran pilotnya

pemakanan untuk konterbor umumnya diberikan 0.05 mm/putaran sampai 0.1 mm mm/putaran, akan tetapi operasi pengeboran dapat berubah dan dipengaruhi oleh kondisi alat dan jenis bahan material pada pengurangan feed dan kecepatan, pilot pemandu dilumasi dengan minyak selama pengeboran untuk mencegah perampasan pemakanan pada material, menggunakan cairan pemotong yang sesuai, sebelum pemakanan dimulai lakukan umpan makan dengan bantuan tangan.

Spot facing

Pengerjaan spot facing hampir sama pengerjaannya serta alat dan pisaunya, namun sedikit perbedaannya pada material yang permukaannya kasar atau melengkung seperti yang diperlihatkan pada gambar 2, 


Pengeboran membuat konterbor dan kontersink

Gambar 3. spot facing

pada kasus ini ada penekanan yang cukup besar terhadap pilot pemandu konterbor ini dapat menyebabkan alat rusak, perlu dilakukan dengan hati hati dalam pemberian makan pemotongan agar tidak terlalu banyak, karena pemotong bisa rusak atau patah, atau material pun akan rusak, selain itu harus dipastikan agar material dijepit dengan kencang untuk mengurangi reaksi balik dari proses pengeboran.

LihatTutupComment